Siap Bertugas di Mana Saja Guru PNS Harus Pegang Komitmen

Sebanyak 5.500 guru pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bandung Barat (KBB), diharapkan memiliki komitmen yang tinggi sehubungan dengan adanya implementasi surat keputusan bersama (SKB) 5 menteri tentang penataan dan pendistribusian guru PNS.

"Hingga saat ini masih dilakukan pemetaan di masing-masing bidang dalam mempersiapkan implementasi SKB 5 menteri," ungkap Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdikpora KBB, E. Rachmat Karyana di Batujajar, Kamis (14/2).

Masih menurut Rachmat, diperkirakan pada pertengahan tahun ini pemetaan sudah dapat dirampungkan untuk segera direalisasikan. Oleh sebab itulah sudah bisa dipastikan dalam penerapan kebijakannya akan terjadi rotasi tugas guru yang tersebar di 695 unit SD, 125 SMP, 36 SMA, dan 76 unit SMK.

"Sudah pasti ini akan berbenturan dengan kepentingan dari individu guru yang terkena rotasi. Para guru harus menerima segala konsekuensi itu, karena kembali pada komitmen awal bahwa mereka siap ditempatkan di manapun," tegasnya.

Ditambahkan Rachmat, melihat pada kondisi objektif, jumlah guru PNS yang berada di wilayah KBB sebanyak 5.500 orang, memang masih dirasakan kurang. Karena berdasarkan estimasi kasar, bahwa tenaga pengajar di KBB masih kurang antara 15-20 persen dari jumlah guru yang ada.

"Kisaran kebutuhan sesuai kondisi lembaga dan rombel dengan jumlah PNS, memang dirasakan masih kurang. Tapi sekarang kekurangan itu bisa tertutupi dengan adanya guru honor," katanya.

Menurutnya, kekurangan guru itu pun dipengaruhi olehkondisi menumpuknya guru-guru PNS di wilayah perkotaan. Berdasarkan hasil pemetaan, akan dilakukan penataan dan pemerataan pendistribusian jumlah guru PNS yang ada di wilayah KBB. Kebijakan ini juga berlaku secara nasional.

sumber : www.klik-galamedia.com