SMAN 1 Batujajar berjaya dengan merebut gelar juara putra dan putri pada pertandingan bola voli Unjani Cup I

Unjani bekerja sama dengan SMA Negeri 3 Cimahi menggelar pertandingan bola voli Unjani CupI. Turnamen yang digelar sejak Minggu (4/3) hingga Jumat (9/3) itu diikuti sekitar 30 SMA se-Bandung Raya. Pembantu Rektor III Unjani, Toto Saputra mengatakan, para juara turnamen bola voli yang diselenggarakan di lapangan SMAN 3 Cimahi itu, mendapatkan kesempatan menjadi mahasiwa Unjani tanpa melalui tes. "Jadi, selain mendapatkan trophy dan uang pembinaan, pemain dari tim yang menjadi juara bisa masuk Unjani melalui jalur prestasi. Ini berlaku untuk semua jurusan, kecuali kedokteran. Dengan jalur ini, mereka tidak perlu menjalani tes," ujar Toto kepada wartawan ditemui di sela-sela pertandingan, Jumat (9/3).

Soal kuota mahasiswa untuk jalur prestasi ini, Toto mengaku tidak bisa menjelskannya secara rinci. "Hanya yang pasti jumlahnya sekitar 5 persen dari jumlah mahasiswa baru," katanya. Selain menjaring siswa siswi berprestasi, lanjut Toto, turnamen itu juga menjadi salah satu bentuk kepedulian instansinya terhadap dunia olahraga. Ia menilai, saat ini permainan bola voli di Indonesia sedang dalam kondisi kurang bagus.

Melalui ajang ini, diharapkan bisa muncul bibit-bibit generasi muda dalam olahraga, khususnya bola voli. "Ini merupakan salah satu kepedulian Unjani dalam bidang olahraga. Sebelumnya, kami menggelar pekan olahraga mahasiswa. Kami juga bekerja sama dengan KONI masing-masing daerah. Ke depan mereka bisa dibina agar bisa berprestasi di wilayahnya masing-masing," tegasnya. Pada turnamen ini, SMAN 1 Batujajar berjaya dengan merebut gelar juara putra dan putri. Untuk itu mereka berhak membawa pulang Piala Bergilir Unjani.

Menyambut baik Beberapa siswa yang dimintai komentarya tentang program dari Unjani tersebut, mereka umumnya sangat menyambut baik. Karena menurut mereka, dengan digelarnya program terebut menandakan Unjani turut peduli terhadap upaya pengembangan olahraga di Cimahi khususnya. ”Selain bisa menuntut ilmu di Unjani, para atlet berprestasi juga bisa lebih mengembangkan bakat olahraganya. Oleh sebab itulah, kami sangat menyambut baik program yang diluncurkan Unjani,” kata Dedi, salah seorang pelajar SMA 3 Cimahi. Dikatakan, sudah saatnya Cimahi bisa lebih meningkatkan bidang olahraganya hingga tingkat yang lebih tinggi lagi.