Sosialisasi Tertib Lalu Lintas di SMAN 1 Batujajar

BATUJAJAR (GM) - Bupati Bandung Barat, H. Abubakar menasihati para pelajar untuk tertib berlalu lintas dan menghentikan aksi kebut-kebutan di jalanan. Wejangan disampaikan pada acara Sosialisasi Tertib Lalu Lintas di SMAN 1 Batujajar Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (23/10).

Kegiatan yang digagas Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi (Dishubkominfo) KBB dan Polres Cimahi itu diikuti 150 pelajar dari 15 sekolah se-KBB. "Anak muda 'kan senangnya kebut-kebutan. Sekarang hentikan itu. Pikirkan keselamatan karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa," ujar Abubakar didampingi Kadishubkominfo, Megaharry Pujiharto.

Sebelum memberikan pemahaman tentang UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Abubakar secara simbolis memberikan helm pada dua orang pelajar. Dalam sambutannya, Abubakar mengatakan perlunya sosialisasi mengenai tertib berlalu lintas agar para pengendara bermotor, baik roda dua maupun roda empat dapat lebih nyaman selama berkendaraan dan terjamin keselamatannya.

Dijelaskan, pelajar menjadi sasaran sosialisasi karena banyak kecelakaan lalu lintas, terutama kendaraan roda dua, rata-rata korbannya usia SMA. "Ada beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, yaitu karena orangnya itu sendiri atau kelalaian orang lain. Jadi untuk menekan agar tidak terjadi kecelakaan akibat ulah sendiri, kita perlu menaati segala rambu lalu lintas," katanya.

Sementara itu, pihak kepolisian mengusulkan UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Jalan bisa dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. "Bagusnya sih begitu (masuk kurikulum). Kita bisa berbagai modul dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA. Nanti ada pelatihan bagi tenaga pendidik," ujar Kaur Adiministrasi Polres Cimahi, Iptu Wartika.

Kepala Sekolah SMAN 1 Batujajar, H. Deddy Hidayat menyambut baik kegiatan ini. Baginya, hal tersebut penting untuk memberi pemahaman bagi anak didik mengenai tertib di jalanan.

http://www.klik-galamedia.com